Review Film Jomblo Fi Sabilillah: Menjadi Jomblo Adalah Pilihan Hidup

 Loe kudu belajar yang giat agar segera lulus. Nggak malu ape sama teman-teman loe yang sudah lulus duluan. Jangan bergaul sama BUPATI terus. Alias Bujang Kepala Tiga”. Ini adalah salah satu dialog dalam film Jomblo Fi Sabilillah.

Jomblo Fi Sabilillah

Mungkin bagi yang belum tahu, bahwa tanggal 14 September 2023 nanti bakal hadir di Bioskop Indonesia film Jomblo Fi Sabilillah. Film garapan sutradara Jastis Arimba ini merupakan film yang diadopsi dari Novel Karya Asma Nadia dan Helvy Tiana Rosa.

Film drama komedi romantis ini berlatar kota Jakarta dengan berbagai problemanya. Saya sendiri beruntung, bisa ikut Gala Premiere filmnya tanggal 2 September 2023 yang lalu.

Tentang Jomblo Fi Sabilillah Sebagai Pilihan Hidup

Bagi para jomblo, film ini sangat cocok. Bagaimana memahami kondisi dan bagaimana proses jodoh itu ada. Makanya, banyak yang beranggapan bahwa jodoh itu harus dikejar. Yah memang benar. Meskipun bakal ketemu di waktu yang tepat.

Jomblo Fi Sabilillah adalah pilihan hidup yang dijalani tanpa harus pacaran hingga menikah kelak. Proses pengenalannya, cukup dengan Taaruf.

Makanya dalam film ini langsung dibuka dengan tingkah kocak 4 sahabat yaitu Ali (Adhin Abdul Hakim) sebagai tokoh utama, Yusuf (Ricky Harun), Imron (Masaji Wijayanto) dan  Anton (Mario Irwinsyah).

Pastinya 4 sahabat ini, bernasib sama, yaitu sama-sama jomblo. Makanya tidak heran, jika orang tua dari Imron menjuluki mereka sebagai BUPATI.

Tantangan Dari Babe

Ali selaku pemeran utama pria mendapatkan tantangan dari babenya untuk segera menikah hanya dalam waktu 1 bulan. Padahal, Ali sendiri memiliki masalah psikologis yang membuat dia bisa pingsan kala bertemu dengan wanita cantik.

Bahkan dalam satu adegan, ketika pertama kali bertemu dengan Nisa (Nabilah Ratna Ayu Azalia), Ali langsung memberikan reaksi aneh ini. Mulai dari tubuh berkeringat, tidak bergerak dan kaku, hingga jatuh pingsan. Ini lah salah satu alasan mengapa Ali masih Jomblo hingga sekarang. 

Review Film Jomblo Fi Sabilillah

Tetapi bukan Ali namanya jika tidak menerima tantangan dari Babe Hassan. Dukungan dari Yusuf, Imron dan Anton benar-benar maksimal. Mulai dari merubah penampilan Ali yang gondrong dan brewokan menjadi lelaki tampan. Bukan hanya sampai disitu saja, Imron malah membuatkan akun di salah satu website pencarian jodoh.

Dari situs pencarian jodoh ini lah, Ali mulai berkelana mencari calon istri sesuai dengan karakter yang diinginkan sekaligus menjawab tantangan dari Babe Hasan.

Alur Cerita yang Menarik

Sebagai genre film drama komedi romantis, pastinya sudah kebayang dong ya. Bakal seperti apa alur ceritanya. Saya sendiri merasakan tingkah jenaka dari masing-masing aktor.

Seperti kala melakukan patroli. Ternyata yang dimaksud Patroli itu adalah mengganggu orang pacaran dengan menjadi sosok “pocong”. Sontak saja, pas adegan sepasang kekasih yang lagi asik berduaan di taman, terus tiba-tiba muncul pocong jadi-jadian di belakang. Ekspresi menegangkan sekaligus lucu muncul dalam adegan ini.

Bukan hanya adegan lucu loh. Ada juga adegan sedih dan miris di beberapa scene. Makanya nonton ini tuh, serasa menikmati adegan nano-nano, banyak rasanya. Menarik banget deh untuk dinikmati.

Banyak Quotes Menarik

Awalnya tidak memiliki ekspektasi berlebih terhadap film ini. Selain pengen menikmati setiap adegannya. Tetapi tidak disangka, ternyata banyak banget quotes unik dan sekaligus perlu untuk dihayati dalam filmnya. Apa saja itu?

Berikut beberapa quotes menarik sepanjang film antara lain:

Nikah Tanpa Pacaran adalah Jalan Hidupku” keren banget kan.

Ingat. Jemuran saja, jika lambat diangkat bakal hilang loh. Apalagi perasaan” . Cocok banget nih buat jomblo yang lagi berjuang.

Setiap shodaqoh kita itu adalah penolak bala”. Ini bisa jadi masukan buat setiap penonton.

Jodoh itu sudah ada yang atur, tinggal bagaimana kita menjemputnya” Nah. Ini nih yang penting untuk diingat.

Seburuk Apapun Dunia Memperlakukan Kita, Jangan Lupa Untuk Selalu Berbuat Baik”. Ini nasehat terbaik sih yang bisa diterapkan dalam setiap lini kehidupan.

Gala Premiere Film Jomblo Fi Sabilillah

Nah, buat yang ingin menikmati keseruan jalan ceritanya. Tenang saja, tinggal tunggu tanggal mainnya di 14 September 2023 nanti. Jangan lupa untuk ajak teman satu geng ya. Nggak pengen kan, tertawa sendirian. Enakan tertawa bareng teman dong. Yuk lah.

Komentar

  1. setujuuuu. jomblo itu pilihan. bukan karena nggak ada yg mau sama kita, tapi kitanya yang nggak mau dgn org yg tepat haha. anw, ada Nada Puspita di film ini jadi kepo. diangkat dari buku Asma Nadia pula. pasti bagus sih kalo Asma yg nulis. ada pesan moral berbalut islami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh serius ada IDP? Kudu nonton juga nih. Aku setuju sih jomblo itu pilihan bagi yang mungkin belum siap nikah atau belum siap menjalin komitmen.

      Hapus
  2. Mas Talif kok tidak bertemu dengan saya ya. Padahal saya juga hadir. Filmnya sangat bagus. Dikemas ringan tapi penuh pesan moral bagus ya, Mas. Nanti saya mau ajak keluarga nonton pas sudah tayang di bioskop.

    BalasHapus
  3. Ini diadopsi dari novel karya Asma Nadia dan kakanya Helvy Tiara Rosa kan yaa. Ada mas Kirun juga nih, keknya komedi romantis yang ebneran lucu deh. Pensaran nih sama tantangan dari babenya Ali, mana banyak quotesnya yang bisa jadi pesan moral hahayy.

    BalasHapus
  4. Sepertinya harus nonton ke bioskop langsung nih film Jomblo fi Sabilillah ini, gak sabar nunggu 14 Sepetember.
    Quotenya keren-keren, bikin nambah damai hati-hati jomblo yang nantinya nonton. Jomblo itu pilihan bukan karena gak ada yang lirik, hehe.

    BalasHapus
  5. Wih, keren banget sih. Penasaran nih pengen nonton, tapi kalau aku musti bersabar nunggu tayangan ulang di YouTube, semoga ada.

    BalasHapus
  6. Sudah lama banget nggak nonton film-film komedi romantis begini. Apalagi bunda Asma Nadia dan kakaknya tuh karyanya udah terkenal banget. Jadi pingin nonton aku.

    BalasHapus
  7. seru filmnya ini, karena membawa khasanah bahwa jomblo fi sabilillah bukanlah hal yang buruk, dan dengan ikhtiar yang mantuls datang deh jodohnya.

    BalasHapus
  8. Film ini emg sarat makna sih. Ga jauh dr novelnya. Emg seru dgn bnyk scene tawa canda dan haru biru tp tetap bikin seru.

    Setuju bgt nih dgn quote2nya. Jodoh emg ufh ada yg atur. Tinggal kita yg menjemputnya.

    BalasHapus
  9. Asma Nadia dan Helvy Tiana Rosa tidak pernah gagal dalam membuat cerita, baik cerpen maupun novel-novelnya. Dari sekian karya mereka, kini hadir lagi Jomblo fisabilillah dalam bentuk layar lebar yang pastinya banyak ditunggu oleh para pembaca setianya maupun penikmat film

    BalasHapus
  10. Penasaran ama ending film ini. Apakah Ali berhasil mendapatkan jodohnya? ehh tapi jangan spoiler yak wkwkkw.

    Memang tak kan lari jodoh dikejar tapi kalo yg masih jomblo wajib usahaa dong.

    BalasHapus
  11. Masya Allah, ini film sangat layak ditonton semua kalangan ya, Kak. Semoga film ini bisa menjadi contoh di dunia nyata dalam menjalani kehidupan, khususnya dalam hal menjemput jodoh

    BalasHapus
  12. Duh jadi gak sabar buat nunggu Minggu depan nih nonton tayangan di bioskop terdekat
    Menghibur banget nih sepertinya. Cocok buat jadi pilihan untuk hiburan akhir pekan

    BalasHapus
  13. Dalam beberapa hari ke depan akan segera tayang di bioskop ya. Pas banget buat jadi tontonan pas sendiri dan butuh ketawa. Rasanya kalau film yang penulis di baliknya ada nama Asma Nadia dan Helvy Tiana Rosa tuh kayak sudah jadi jaminan kalau akan dipenuhi banyak pesan.

    BalasHapus
  14. Film yang banyak memberi pencerahan, para jomblo kudu merapat untuk melihat bagaimana isi cerita ini. Paling penting yaaaa quote nya dong! biar makin mantep lagi

    BalasHapus
  15. Wkwk.. Bisa jadi ide juga tuh patroli jadi pocong buat gangguin orang pacaran di taman. Kocak!

    Ini pemaennya juga udah kawakan banbet yah, jadi kudu nonyon juga nih Film Jomblo Fi Sabilillah..

    BalasHapus
  16. bagus juga nih film ringan, sederhana tapi maknanya dalem nih, jadi penasaran sih pengen nonton selengkapnya

    BalasHapus
  17. Ada 2 quote yang kusuka nih, yaitu “Jodoh itu sudah ada yang atur, tinggal bagaimana kita menjemputnya” dan “Seburuk Apapun Dunia Memperlakukan Kita, Jangan Lupa Untuk Selalu Berbuat Baik”.

    BalasHapus
  18. Wah quote nya masuk banget. Bisa dicatat nih buat pengingat hidup. Keren pak eko

    BalasHapus
  19. film yang bagus yang better di tonton oleh anak-anak remaja dan fase menuju dewasa nih. gak harus pacaran kalau mau ketemu jodoh. terus filmnya juga termasuk genre komedi ya, saya yakin pesan moral yang disampaikannya dibalut dengan humor tapi kena. wajib ditonton nih

    BalasHapus
  20. Lucu juga nih judulnya
    Interpretasi bisa banyak
    Jadi memang harus nonton film-nya langsung
    Biar tidak salah arah

    BalasHapus
  21. kirain film lama loh ternyata masih baru banget yaa.. soalnya kukira tren topik cerita kayak gini udah redup beberapa tahun yang lalu kan sempet rame film tema2 islami gini

    BalasHapus
  22. Kadangkala, yang bikin jalan cerita terasa cepat alurnya karena ada due date tantangan dari orangtua mengenai jodoh yaa.. Jadi, sedari Ali and the gank yang cuek mengenai jodoh, jadi terpaksa segera maju. Rasanya hanya kekuatan doa yang bisa mewujudkannya.

    BalasHapus

Posting Komentar