Pahlawan Pembayaran Digital dari Pantai Tambu itu Bernama Inca

"Menjadi penolong itu, tidak sulit. Cukup membantu orang yang membutuhkan dengan cara sederhana bahkan bisa secara digital".

Bagi sebagian orang, perkara membantu harus selalu dinilai dengan materi. Entah itu dalam bentuk uang secara langsung atau dalam bentuk barang yang dibutuhkan. Tetapi, hal ini berbeda dengan Mirza Imanzah lakukan, yang akrab dipanggil Inca oleh masyarakat desa Pantai Tambu. Inca membantu masyarakat Pantai Tambu dengan cara sepele tapi bermanfaat secara langsung yaitu dengan “pembayaran secara digital”. Loh kok bisa, bantuan pembayaran secara digital? Disinilah sisi menariknya.

Mirzah
Inca bersama keluarga

Sebagai salah satu daerah yang berada di kecamatan Sausu, Pantai Tambu lumayan jauh dari kecamatan. Jaraknya sekitar 14 kilometer dari kota kecamatan. Umumnya pusat pemerintahan, perkantoran dan bank hanya berada di kecamatan. 

Di Pantai Tambu pun, pasar yang ada hanya mingguan saja, tepatnya setiap hari Kamis. Makanya untuk urusan pemenuhan kebutuhan harian, mengandalkan pasar mingguan ini. Kebayang kan, jika butuh sesuatu harus ke kecamatan dulu. Termasuk dalam urusan perbankan.

Kejadian yang Tidak Terduga

Kata orang, banyak teman banyak rezeki. Termasuk dalam hal membangun relasi yang baik. Sebagai salah satu pengusaha UMKM di bidang budidaya udang vaname, Inca sudah terbiasa melakukan transaksi perbankan di Bank BRI Sausu. Entah itu tarik tunai atau hanya sekadar transfer untuk keperluan bisnis.

Awal tahun 2022, kala itu, ketika Inca antri di ATM dan bertemu dengan salah satu pegawai Bank BRI yang memang sudah kenal karena membantu pengurusan pembuatan kartu ATM sebelumnya. Tiba-tiba, Inca disapa oleh petugas tersebut.

Eh, Pak Inca. Apa kabar, ba antri ATM ini?

“Iye, ini mo ba tarek uang dan mo ba transfer juga. Lumayan panjang ini antrian

“Kalau urusan ba transfer, mending jo kita install BRimo saja. Nanti saya bantu prosesnya”

Percakapan dan kejadian tidak terduga ini lah menjadi awal kemudahan itu datang. Dari antri ATM untuk transfer, berubah menjadi nasabah pengguna aplikasi digital BRImo.

BRImo merupakan aplikasi keuangan digital terbaru dari bank BRI berbasis internet yang memberikan kemudahan bagi nasabah atau non nasabah BRI dalam melakukan transaksi keuangan tanpa perlu ke Bank atau ATM lagi. Hingga semester 1 tahun 2023, pengguna BRImo mencapai 27,8 juta pengguna.

Proses download dan pendaftaran BRImo, langsung dibantu oleh petugas bank BRI. Tetapi untuk semua data, PIN dan password semua dilakukan oleh Inca. Pastinya sih, petugas BRI tidak pernah meminta data pribadi apapun. Mereka benar-benar hanya membantu dan mengarahkan agar lancar dalam proses pendaftaran BRImo. Maklum, urusan digitalisasi seperti ini masih belum familiar buat kalangan tertentu seperti Inca. Untungnya sih, semua proses pendaftaran dibantu oleh petugas BRI hingga berhasil teregister.

Fakta BRImo 2023
Fun Fact Aplikasi BRImo

Sebenarnya, daftar aplikasi BRImo bagi pemilik rekening bank BRI itu simpel kok, tinggal ikutin saja cara berikut:

1. Download aplikasi BRImo di Playstore/ App Store

2. Kemudian pilih menu “Belum punya Akun BRImo”

3. Jangan lupa untuk memilih, “Saya punya rekening BRI” bagi yang sudah memiliki rekening Bank BRI.

4. Siapkan KTP, Rekening BRI, Nomor Handphone dan alamat email.

5. Tinggal ikuti instruksinya, maka aplikasi BRImo yang sudah terkoneksi dengan nomor rekening siap digunakan.

Meskipun tahapannya simpel dan bisa dilakukan oleh semua orang, tetapi berhubung kali ini langsung dibantu oleh petugas Bank BRI, maka prosesnya jadi jauh lebih mudah. Sejak saat itu lah, Inca menggunakan BRImo untuk transaksi keuangan secara digital.

Dari Transaksi Digital Pribadi Menjadi Transaksi Digital Tetangga

Pernah nggak sih merasakan betapa ribet dan perjuangannya, jika ada kolega butuh uang dengan cepat tetapi terkendala jarak dan lokasi. Itu lah yang sering dialami oleh Inca.

Jika ada kebutuhan untuk transfer uang ke keluarga, mau nggak mau harus menempuh jarak minimal 14 kilometer terlebih dahulu dengan jalan berkelok khas pegunungan di jalur lintas trans sulawesi. Belum lagi, jika butuhnya urgen malam hari. Kebayang banget kan repotnya. Tetapi itu dulu, sebelum Inca menggunakan digitalisasi BRI.

Nah, sejak menggunakan aplikasi BRImo, urusan transfer uang ke kolega sudah bukan lagi jadi masalah. Bahkan semuanya bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun sepanjang berada di lokasi dengan jangkauan sinyal internet.

Pernah suatu hari, ada tetangga yang iseng tanya:

Pak Inca, kapan ke Sausu trans lagi, mo nitip ba transfer uang buat anak kuliah di kota Palu le. Mo ke sana, tapi belum berani bawa motor sendiri ba tunggu paitua bale dari laut”

“Sini saya transfer akan, so te perlu lagi kitorang ke Sausu Trans, so bisa langsung dari HP”

Sejak kejadian transfer menggunakan handphone via aplikasi BRImo, para tetangga pun sering meminta bantuan Inca untuk transfer ke kolega mereka masing-masing sesuai kebutuhan.

Pahlawan Pembayaran Digital Tanpa Pamrih

Tetangga itu ibarat keluarga dekat yang tak sedarah. Jika baik kepada mereka, maka mereka juga akan baik kepada kita” ini lah yang dipegang teguh oleh Inca.

Makanya tidak heran, sejak penggunaan BRImo, banyak tetangga minta bantuan sebagai “media transfer digital di Pantai Tambu”.

Bagi mereka, tidak perlu lagi repot untuk menempuh jarak jauh yang ketika hujan akan basah dan ketika matahari terik akan kepanasan. Tinggal berkunjung ke rumah Inca, maka semua urusan transfer-mentransfer bakal beres. Apalagi, Inca tidak menarik sepeserpun biaya untuk proses transfer digital ini.

Transaksi Token

Bukan cuma urusan transfer-mentransfer, warga pantai Tambu yang mayoritas pekerjaannya adalah nelayan ini sudah menggunakan listrik token. Dulunya, sebelum Inca menggunakan aplikasi BRImo, maka warga sekitar membeli token ke desa terdekat dengan selisih harga lumayan. Tetapi, sejak Inca menggunakan BRImo, warga sekitar sangat terbantu. Tidak perlu lagi beli token listrik jauh-jauh, cukup meminta bantuan untuk dibelikan dan mereka langsung membayar secara tunai sesuai dengan nominal yang tertera. Rata-rata warga pantai Tambu membeli token listrik dengan daya/tarif kecil sesuai kemampuan dan segera diisi kembali ketika indikator nya berbunyi.

Semakin hari, semakin banyak tetangga mengetahui hal ini. Keberadaan pembayaran secara digital di pantai Tambu memberikan banyak kemudahan tanpa perlu bersusah payah ke kecamatan. Meskipun Inca bukanlah pahlawan UMKM, tetapi Inca bisa disebut sebagai pahlawan pembayaran secara digital dari Pantai Tambu.

Pantai Tambu
Pantai Tambu, Kec. Sausu, Kab. Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

Kehadiran BRImo memberikan banyak manfaat dan perubahan besar dalam melakukan transaksi keuangan. Bukan hanya sekadar untuk proses transfer uang saja, tetapi lebih dari itu, urusan pulsa dan token juga bisa dilayani dengan BRImo hingga urusan lifestyle lainnya.

Layaknya kebaikan  selalu bertumbuh, begitupun dengan BRImo yang hadir sebagai persembahan BRI Untuk Indonesia dalam memberikan kemudahan akses bagi seluruh masyarakat. Termasuk masyarakat di Pantai Tambu, Sulawesi Tengah.

Komentar