5 Tips Liburan Ke Ragunan Bersama Anak-Anak

Libur sekolah paling seru memang liburan bersama anak. Nah, bagi warga Jakarta liburan murah meriah dan bisa memberikan pengetahuan ke anak pastinya bakal memilih kebun binatang Ragunan sebagai salah satu destinasi wisata.

Tips Liburan ke taman margasatwa Ragunan

Tapi tahu nggak, liburan sekolah juga membuat yang berkunjung ke ragunan ramai sekali. Makanya penting untuk mengatur segalanya agar liburan tetap nyaman.

Berikut tips liburan ke kebun binatang ragunan bersama anak agar tetap nyaman.

1. Datanglah lebih awal

Datang lebih awal sangat penting untuk menghindari jam crowded siang hari. Sekadar informasi bahwa waktu operasional Taman Margasatwa Ragunan adalah hari Selasa-Minggu mulai dari pukul 07.00 - 16.00 WIB. Ingat ya, Ragunan tutup untuk publik di hari Senin.

Nah, jika sudah tahu jam operasional Ragunan, sebaiknya datang lah pukul 07.00 pagi agar antrian masuk parkir tidak terlalu lama. Disamping itu juga kondisi udara di Ragunan masih segar dan tidak terlalu panas sehingga nyaman untuk anak dalam beraktivitas.

Kandang Jerapah Ragunan

2. Beli tiket online

Pengalaman pribadi ketika libur natal dan tahun baru, lebih nyaman membeli tiket secara online. Karena pada saat tiba di Ragunan tidak perlu lagi antri membeli tiket di loket penjualan. Tinggal tunjukkan print out pembelian tiket onlinenya ke petugas yang melakukan pengecekan tiket masuk. Simpel dan cepat.

Pembelian tiket online masuk Ragunan bisa dibeli pada aplikasi Taman Margasatwa Ragunan. Sedangkan pembelian tiket secara offline atau on the spot dilayani pada bagian ticketing dekat pintu masuk Ragunan.

Tarif masuk Ragunan untuk pengunjung dewasa sebesar Rp 4.000 dan anak-anak sebesar Rp 3.000. Sedangkan tarif parkir kendaraan di Ragunan adalah:

Motor Rp 3.000

Mobil Rp 6.000

Sepeda Rp 1.000

Bus sedang Rp 12.500

Bus Besar Rp 15.000

3. Gunakan Pintu Masuk Barat

Ragunan itu luas banget loh. Ada beberapa pintu yang bisa digunakan sebagai akses masuk. Pintu yang paling umum digunakan adalah pintu gerbang utama. Tetapi jika membawa anak-anak, sebaiknya gunakan pintu barat Ragunan.

Dari pintu barat ini, lokasinya sangat dekat dengan rumah jerapah, gajah dan binatang lainnya sehingga anak-anak tidak perlu berjalan terlalu jauh.

4. Persiapkan Segalanya

Liburan bersama anak pastinya butuh persiapan matang. Apalagi jika berkunjung ke kebun binatang Ragunan. Anak yang super aktif pun, jika sudah lelah pastinya bakal rewel. Makanya penting banget mempersiapkan beberapa hal agar selama beraktivitas di Taman Margasatwa Ragunan bisa lebih nyaman.

Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika liburan ke Ragunan bersama anak-anak:

Air minum yang cukup

Keliling Ragunan pastinya bakal lelah dan bisa membuat haus. Jangan lupa untuk membawa air minum yang cukup. Setiap beraktivitas atau setiap pindah kandang binatang selalu tawarin anak untuk minum agar terhindar dari dehidrasi.

Baju katun yang bisa menyerap keringat

Meskipun kawasan Ragunan ditumbuhi dengan pepohonan rindang nan hijau tetap saja bakal keringetan. Makanya anak-anak harus menggunakan baju katun yang mudah menyerap keringat. Bila perlu bawa pakaian ganti, agar saat kegerahan bisa langsung ganti baju. Toilet di Ragunan gratis kok. Tenang saja.

Sebaiknya gunakan sepatu

Jarak antara satu hewan dengan hewan lain di Ragunan lumayan menguras waktu dan energi. Semuanya mudah diakses dengan jalan kaki. Maka dari itu sebaiknya anak-anak menggunakan sepatu agar mempermudah aktivitas selama berkunjung ke Ragunan.

Jangan lupa untuk pakai topi

Nah, ini penting. Topi. Udara panas dan matahari yang menyengat luamayan terasa loh ketikaa berkunjung ke Ragunan. Jangan lupa untuk mengenakan topi, agar anak-anak nyaman dan tidak terkena heat stroke.

Bawa tikar atau alas portable untuk duduk santai

Ada kalanya ketika sudah keliling lokasi hewan, butuh untuk istirahat. Banyak area open space di Ragunan yang bisa digunakan untuk duduk-duduk santai. Tinggal gelar tikar portable. Lumayan buat anak untuk istirahat sebentar sambil ngemil atau makan. Banyak kok yang jual tikar portable dengan harga 10 ribu.

Baca juga: Review Film Jomblo Fi Sabilillah

Bawa stroller untuk jaga-jaga jika anak lelah berjalan

STroller pastinya bakal membantu jika anak kelelahan berjalan selama berkunjung ke Ragunan. Hampir semua lokasi di Ragunan sudah memiliki jalan yang mulus sehingga mempermudah penggunaan stroller.

Stroller di Ragunan

Makanan atau cemilan yang cukup

Nah, anak-anak cenderung lapar sehabis aktivitas. Jadi sebaiknya bawalah makanan atau cemilan kesukaan anak agar tetap nyaman kala liburan. Sebenarnya di Ragunan banyak juga kok tenant yang jual makanan. Mulai dari UMKM lokal hingga beberapa franchise seperti Bakmi GM, Domino Pizza, CFC dan lain-lain. 

5. Miliki kartu Jakcard dari Bank DKI

Berkunjung ke Ragunan, harus siap dengan kartu JAKCARD dari Bank DKI. Apalagi jika pembelian tiketnya secara offline alias on the spot. Semua pembayaran tiket masuk hanya bisa menggunakan kartu JAKCARD ini. Termasuk ketika ingin berkunjung ke wahana yang berbayar lagi seperti pusat primata schmutzer, children zoo dan kuda tunggang. Semuanya hanya dilayani menggunakan JAKCARD dari bank DKI.

Jakcard dari Bank DKI

Oh iya. Untuk satu keluarga cukup menggunakan satu Jakcard saja ya. Tinggal pastikan saja, saldonya terpenuhi untuk semua anggota keluarga yang diajak.

Jadi, bagi para orang tua yang ingin mengajak anak-anaknya liburan ke taman margasatwa Ragunan silahkan untuk terapkan tips tersebut ya. Mulai dari memiliki Jakcard, terus memilih akses masuk pintu barat hingga datang lebih awal. Anak senang, tidak rewel, liburan pun lancar.

Komentar